Sabtu, 16 September 2017

teks negosiasi

Mampu Berpikir Sebatas Menemukan


Rasa lapar tengah dirasakan oleh kelinci. Ia menginginkan makanan favoritnya apalagi kalau bukan sayur yang warnanya orange. Kelinci kebingungan mencari wortel. “Aku telah kesana-kemari tapi apa yang aku temukan tidak ada satupun wortel yang tumbuh di hutan belantara ini”, kata kelinci dalam hati. Kelinci terus menanyakan beberapa pertanyaan didalam hatinya mengapa penuh kata mengapa. “Mengapa aku tak bisa menemukan makanan favoritku apa yang harus ku lakukan“, tanyanya dalam hati yang berkepanjangan.
Dibalik bulunya yang tebal ada makhluk kecil yang singgah sementara entah kapan ia mendatangi tubuh kelinci. Kelinci tampak terganggu dan merasa kesakitan. Begitulah makhluk kecil itu memanggil dengan cara menggigit bagian bawah telingga kelinci.
“Apa, kau siapa beraninya kau terhadapku”, bentak kelinci kepada semut. “Oh ternyata semut”, tambahnya dengan nada yang sedikit merendah.
“Benar ini aku, aku hanya inggin membantumu aku mendengarkan isi hatimu. Kau menginginkan wortelkan aku tahu bagaimana cara mendapatkannya.” Jawab semut.
Kelinci terdiam sedikit yakin dan sedikit ragu dengan perkataan semut yang terdengar samar-samar di telingga panjang kelinci. Berpikir dan berpikir kelinci akhirnya memutuskan untuk mengangguk tanda membulatkan tekat untuk bertanya kepada semut bagaimana caranya.
“Aku akan memberitahu caranya namun, apa kamu mau menyetujui syaratku?”, Tanya semut.
“Apa itu syaratnya?”, Tanya kelici.
“Ok, baiklah syaratnya adalah kau harus berbagi wortel jika sudah mendapatkannya.” Jawab semut.
Kelinci memikirkan jika nanti berbagi wortel, wortel akan berkurang, oh wortel yang akan malang. Sebelum memikirkan yang lebih panjang lagi ia akan menolak terlebih dahulu.
“Tidak bisa, itukan bagianku mengapa aku harus berbagi denganmu, aku tidak akan untung tapi aku akan rugi.” Jawab kelinci.
“Oh jadi begitu, baiklah tidak akan ku beri tahu bagaimana cara mendapatkannya. Apakah kau mau tahun ini kau tidak makan makanan yang sangat-sangat lezat itu?”. Jawab semut dengan nada membujuk-bujuk.
Wah jika kelinci tidak menyetujuinya kelinci tidak akan makan makanan lezat tahun ini. Tanpa berpikir panjang lagi kelinci menyetujuinya.
“Ya sudah aku menyetujuinya, tapi ayo cepat katakan apa yang harus ku lakukan?” Tanya kelinci.
“Sangat mudah caranya. Kau harus pergi ke pasar untuk membelinya, dasar bodoh berpikir itu saja sangat sulit.” Ledek semut
Ternyata kelinci yang satu ini bukan kelinci yang cerdas melainkan sedikit bodoh. Terbukti hanya dengan pergi ke pasar untuk membeli wortel saja kelici tidak memikirkan itu. Ia hanya mampu berpikir sebatas menemukan wortel di hutan sunyi ini. Ia sangat terbantu oleh perkataan si semut. Semut berpesan jika di pasar nanti agar kelinci menawarnya dengan harga murah.
Keesokan harinya ia pergi ke pasar. Di sana sudah banyak berbagai sayur yang melambai-lambai dengan warnanya yang mengiurkan. Tetapi mata kelinci hanya tertuju pada tumpukan wortel yang berada di depan kuda. “Apakah kuda itu penjual atau pembeli ya tentunya penjual.” Pikiran sempit kelinci muncul lagi.
“Ayo dibeli masih segar-segar sayuranku”, teriak kuda.
“Ya berapa harganya, aku akan membelinya.” Tanya kelinci kepada kuda.
“Wortel ini aku jual dengan harga sepuluh ribu rupiah murah bukan, ayo silahkan dibeli.” Jawab kuda.
Kelinci mengingat pesan semut bahwa ia harus menawar harganya. Namun ia melupakan hal yang tak seharusnya ia lupakan. Kelinci malah menawar dengan harga yang lebih tinggi. Ya ampun ini bodoh sekali. Dengan pertimbangannya yang merasa kasihan terhadap kuda karena kuda terlihat lelah dan sudah tua. Kuda pun langsung mengiyakan dengan tawaran dua puluh ribu rupiah. Untung besarlah si kuda.
Kelinci pun pulang, dengan berlari tanpa ada rasa sesal karena tawaran tadi. Sesampainya di rumah semut sudah berada di depan pintu.
“Bagaimana apa kamu mendaatkannya, caranya mudahkan?”, Tanya semut tidak sabar.
“Iya ini wortelnya, bagaimana aku hebatkan bisa mendapatkannya”, jawab kelinci kegirangan. “Aku akan menepati janjiku, ini bagian untukmu sudah adil bukan”, tambah kelinci.
“Ok terimakasih.” Jawab semut.
Merekapun makan wortel dengan lahapnya terutama kelinci seakan dunia dimilikinya. Tanpa disadari wortel pun telah lenyap dimakan kedua makhluk itu.
“Oh iya tadi kau menawar dengan harga berapa?”, Tanya semut sambil mendekati telinga panjang kelinci.
“Tentunya seperti yang kau katakan tapi aku lupa dengan menwar harga lebih murah atau menawar harga lebih tinggi. Aku melihat kuda tua yang tampak lelah sedang menjual wortel itu. Jadi aku memilih untuk menawar harganya lebih tinggi. Benarkan keputusanku, iyakan.” Jawab kelinci.
“Ya ampun dasar bodoh kau kelinci. Kuda itu sangat kuat dan masih muda kau telah dikelabuhi olehnya.” Bentak semut yang suaranya pun tidak jelas karena ia turun dari tubuh kelinci.

                                         

Nama         : Wening Prastiwi
Kelas         : X Ak 1

No             : 32

2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus